Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Admin Server Adalah? Berikut Adalah Penjelasan Lengkapnya!

Admin Server Adalah? Berikut Adalah Penjelasan Lengkapnya!

Admin Server Adalah - Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah Server Admin. Tapi, ada beberapa istilah lain yang beredar yang belum kami sebutkan. Dan, jika Anda belum pernah mengalami tugas seperti ini sebelumnya, sekaranglah saatnya. 

Jadi, dalam artikel ini kita membahasnya. Dan, jika Anda pernah melakukannya sebelumnya dan ingin mempelajarinya, maka Anda memenuhi syarat untuk mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini.

Saat Anda melakukan pengaturan awal (atau pemeliharaan) VPS, Anda memerlukan admin server yang tahu apa yang mereka lakukan. Dan, untuk itu, Anda perlu menyewa admin server. 

Ya, itu berarti orang yang menjalankan server sebenarnya adalah admin server untuk Anda. Ini juga berarti mereka harus mengurus server atas nama Anda. Tetapi, untuk melakukannya, mereka harus menjadi ahli di dunia server itu sendiri. Dan, untuk itu, mereka akan membutuhkan akses ke server.

Jadi, ketika Anda akan menyewa admin server baru, Anda sebenarnya mencari seseorang yang ingin Anda miliki untuk jangka panjang. Siapa yang Anda inginkan untuk mengurus semua persyaratan dukungan server Anda yang hanya dapat Anda jalankan sekali atau dua kali setahun. 

Bisnis hosting server Anda sejak awal. Itu berarti Anda ingin menemukan seseorang yang dapat memperbaiki server Anda ketika Anda secara tidak sengaja merusaknya. 

Itu berarti Anda ingin menemukan seseorang yang dapat menawarkan dukungan sementara yang cepat ketika ada masalah dengan perangkat keras di server Anda.

Bagaimana Anda tahu mereka memiliki keterampilan untuk keahlian khusus itu? Nah, keterampilan. Saya ingin mengatakan: Saat Anda menyewa Admin Server, Anda membayar

Admin Server Adalah?

Server Admin Adalah orang yang mengelola semua kinerja dari server mulai dari pemeliharaan, pengontrolan, izin akses dan semua yang berkaitan dengan sisi server yang digunakan untuk mengelola sistem.

Pendahuluan Server Admin merupakan salah satu peranan penting dalam suatu organisasi. Agar dapat bekerja secara efisien dengan administrator server, sangat penting untuk membiasakan diri Anda dengan berbagai tugas yang terkait dengan peran tersebut:

Mendefinisikan dan merencanakan Pencadangan Server – rencana pencadangan untuk server diperlukan sehingga Anda tidak perlu meninggalkan file dan aplikasi di server jika Anda gagal mencadangkannya sebelum masalah terjadi. 

Hal ini termasuk membuat media cadangan menjadi tahan lama mungkin (CD, DVD, atau thumb drive) dan menyimpan media cadangan di tempat terlindung yang mudah ditemukan, seperti loker dengan strip magnet di bagian atas drive, hard drive eksternal dengan mekanisme penguncian untuk melindungi data, atau brankas tahan api. 

Data juga dapat dienkripsi jika data Anda hilang karena sebagian besar perangkat lunak pemulihan akan memulihkan data tanpa mengungkapkan kunci enkripsi.

Rencana pencadangan untuk server diperlukan sehingga Anda tidak perlu meninggalkan file dan aplikasi di server jika Anda gagal mencadangkannya sebelum masalah terjadi. 

Data juga dapat dienkripsi jika data Anda hilang karena sebagian besar perangkat lunak pemulihan akan memulihkan data tanpa mengungkapkan kunci enkripsi. 

Merencanakan Pemeliharaan Server – cara dasar untuk melacak dan merencanakan pemeliharaan Server saat memecahkan masalah adalah dengan membuat log pemeliharaan yang mencantumkan jenis aktivitas yang dijalankan selama server mati dan sumber daya yang digunakan. Log pemeliharaan harus mencakup:

Tugas Admin Server

Jika Anda tidak memiliki administrator khusus untuk semua akun, dan Anda tidak memiliki waktu untuk mendedikasikan staf, apa yang akan Anda capai dengan Server Admin?

Server Admin bertanggung jawab untuk mengelola server atau workstation yang terhubung ke server. Ini berarti bahwa administrator perlu melakukan berbagai tugas di workstation mereka tergantung pada kebutuhan server. 

Ini mungkin sesederhana memiliki folder jaringan atau aplikasi di server, mengkonfigurasi firewall, menginstal driver jaringan baru atau memperbarui pengaturan keamanan Windows untuk server. Setelah tugas yang diperlukan selesai, mereka perlu memastikan bahwa mereka didukung untuk penyimpanan yang aman.

Karena Anda tidak memiliki sumber daya untuk memiliki administrator khusus untuk semua akun, Anda mungkin tidak dilibatkan untuk tugas-tugas tertentu yang tidak perlu Anda lakukan. 

Misalnya, Anda dapat bertanggung jawab untuk menginstal driver jaringan baru, mengonfigurasi dan menginstal aplikasi, memperbarui pengaturan keamanan Windows, dll.

Tugas Admin Server Meliputi:

Mengelola keamanan jaringan untuk server dan semua workstation. Anda mungkin perlu mengonfigurasi parameter keamanan jaringan, dan mengatur kontrol akses jaringan. 

Misalnya, Anda mungkin perlu menyetel gateway default untuk merutekan lalu lintas data dari server, mengonfigurasi firewall, membuat basis data alamat IP, atau menyetel DNS. 

Jika memungkinkan, Anda juga harus mencadangkan semua aturan firewall dan mengatur parameter konfigurasi di semua firewall stasiun kerja.

Menangani virus, malware, situs peretas, dll. untuk memastikan bahwa semua program keamanan dan anti-malware yang diperlukan tidak berjalan di semua sistem.

Ini mungkin termasuk menambahkan perangkat lunak anti-virus dan/atau perangkat lunak firewall ke sistem, mengamankan stasiun kerja dan/atau port jaringan server, dan menginstal program keamanan.

Posting Komentar untuk "Admin Server Adalah? Berikut Adalah Penjelasan Lengkapnya!"